Harga Gula Pasir Naik,Kenapa?

Pelaku UKM yang menggunakan gula pasir mulai mengeluh................

Kenapa bisa naik?

JAKARTA. Di akhir tahun 2009 lalu, harga gula melonjak. Asosiasi Pedagang Terigu dan Gula dan Indonesia (Apegti) mencatat, di beberapa daerah di Indonesia timur dan Padang harga gula di tingkat distributor tingkat ketiga (D3) atau peritel mencapai Rp 12.000-Rp 15.000 per kilogram (kg). Padahal, distributor pertama atau D1 membeli gula itu dari pabrik masih dengan harga
Rp 8.500 per kg.

Menurut Ketua Apegti Natsir Mansyur, bukan produsen gula seperti PT Perkebunan Nusantara atau PT RNI yang menaikkan harga gula. “Ini murni permainan spekulan dan distributor gula besar,” tuding Natsir, Kamis (31/12).

Natsir menjelaskan, gula yang diproduksi oleh produsen selama Agustus-Oktober itu sudah dibeli oleh pedagang besar (D1). Nah, para pedagang besar telah mengetahui harga gula di pasar internasional naik tinggi. Mereka pun ikut menaikkan harga tanpa mempertimbangkan kenaikan harga sampai di peritel. “Karena ada kenaikan harga di D1, kenaikan juga menimpa D3,” tandasnya.

Sumber : http://www.kontan.co.id/index.php/bisnis/news/27563/Harga-Gula-Melonjak-Akibat-Permainan-Distributor-Besar-

Gimana keluhan para UKM yang menggunakan Gula??

Yeni (26), pedagang manisan di Pasar 26 Ilir menjelaskan, hampir setiap hari harga gula mengalami kenaikan. Senin lalu harga masih Rp 9.500 perg kg, dua hari kemudian harga kembali naik menjadi Rp 300 per kg. Namun pada hari Jumat harga menjadi Rp 10.500 per Kg untuk gula pasir produk Pabrik Gula Cinta Manis. Kenaikan harga gula belum mempengaruhi tingkat daya beli masyarakat. “Kenaikan harga itu memang dari agen. Tadi agen menghubungi saya, hari ini (kemarin) harga kembali naik. Bukan hanya gula, beras pun begitu,” kata Yeni.

Di kawasan toko manisan di KM 12, harga jual gula Rp 10.100 per Kg. Chandra, pedagang dari Betung Kabupaten Banyuasin ditemui saat sedang berbelanja menuturkan, dirinya kaget mendengar harga gula yang naik lebih dari Rp 1.000 per Kg. Awal Desember lalu harga masih berada Rp 9.000 per Kg untuk pembelian diatas 50 Kg. Meski harga naik, ibu empat anak ini tetap saja membeli gula 100 Kg. “Saya tidak tahu mengapa harga itu naik. Kata pemilik toko dari sananya,” jelas Chandra.

0 Responses

    Search

    New York

    Today's Day

    Pengikut



    detiknews - detiknews

    KapanLagi.com